Beranda > BERANDA > Perdana Menteri Belgia Mundur

Perdana Menteri Belgia Mundur


KataBerita, Brussel – Perdana Menteri Belgia Yves Leterme, mengundurkan diri dari jabatannya setelah Partai Liberal Flemish (VLD) yang berkuasa Kamis (22/4).

Hingga saat ini Raja Albert II belum membuat keputusan apakah akan menerima pengunduran diri Leterme, tapi ia memberi peringatan bahwa krisis serius tengah mengancam negara yang berdiri di Uni Eropa. Belgia sendiri dijadwalkan mengambil alih jabatan presiden Uni Eropa per satu Juli mendatang.

Dengan penarikan VLD, pemerintahan Leterme hanya memegang 76 dari 150 kursi di majelis rendah parlemen, mayoritas tipis yang membuat sulit baginya untuk memerintah. VLD mengatakan bahwa frustrasi dengan kegagalan pemerintah dalam menyelesaikan sengketa antara masyarakat berbahasa Perancis dan berbahasa Belanda di Belgia.

Leterme, pemimpin partai Demokrat dan Flemish Kristen (CD & V), kini dalam masa jabatan kedua sebagai perdana menteri. Leterme mulai menjabat pada Maret 2008 lalu, namun mengundurkan diri sembilan bulan kemudian karena krisis sekitar penjualan Fortis ke BNP Paribas.

November 2009, Leterme kembali menjabat perdana menteri untuk menggantika Herman Van Rompuy setelah ia terpilih sebagai presiden pertama permanen Dewan Eropa.(xinhua/nuh)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: