Beranda > BERANDA > Serangga Terpanjang di Dunia Ditemukan di Kalimantan

Serangga Terpanjang di Dunia Ditemukan di Kalimantan


KataBerita, Jakarta – Para ahli yang tergabung dalam Kelompok konservasi dunia World Wildlife Fund (WWF) menemukan spesies baru di Kalimantan, Kamis (22/4/2010). Spesies baru itu adalah serangga atau belalang stik (Phobaeticus chani) dengan total panjang 56.7 sentimeter yang ditemukan di kawasan yang disebut “Heart of Borneo” tepatnya di hutan hujan tropis perbatasan antara Malaysia, Indonesia dan Brunei.

Warga Kalimantan Tengah biasa menyebut serangga itu belalang bilah kayu dan yang lazim dijumpai hanya berukuran panjang 7-10 sentimeter.

Temuan serangga ini salah satu dari 123 spesies yang baru ditemukan di kawasan tersebut. Spesies lainnya yaitu temuan kodok berkepala datar sepanjang tujuh sentimeter (Barbourula kalimantanensis) yang sepenuhnya bernafas melalui kulit bukan melalui paru-paru.

Kemudian ditemukan juga siput ekor panjang warna kuning (Ibycus rachelae), yang menggunakan “panah cinta” terbuat dari kalsium karbonat untuk menembus dan menyuntik hormon ke jodoh dalam bereproduksi.

Menurut data resmi WWF yang bermarkas di Malaysia, kawasan “Heart of Borneo” yang sebagian besar wilayahnya ada di Indonesia, dalam setiap bulan rata-rata ditemukan tiga spesies.

Kawasan tersebut merupakan rumah bagi 10 spesies primata, sekitar 350 spesies burung, 150 reptil dan amfibi serta 10.000 spesies tanaman.(nuh/kompas)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: