Beranda > BERANDA > Gara-Gara Es Krim, 22 Murid SD Keracunan

Gara-Gara Es Krim, 22 Murid SD Keracunan


KataBerita, Magelang – Hati-hati dengan es krim. Pasalnya sebanyak 22 murid SD Negeri Krinjing, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang-Jawa Tengah keracunan es krim Camello, Jumat (23/4/2010).

Ada dua korban yang keracunan cukup parah, yaitu Wiwik Marmiyanah (kelas V) dan Novi Marliyanti (kelas IV). Keduanya dibawa ke Puskesmas Salaman. Kepala SD Krinjing, Muh Makmuri, mengatakan, mereka umummya mulai minum es krim sekitar pukul 07:00 WIB.

Sekitar satu jam kemudian, ada siswa Khoirul Aminah merasa mual dan mulas. Ia juga mengeluh pusing dan kemudian muntah-muntah. Beberapa waktu kemudian sejumlah siswa lainnya mengeluhkan hal serupa.

“Kami langsung menghubungi Puskesmas Kajoran. Namun karena medan sangat sulit ditempuh lewat jalan darat, anak-anak dirawat di ruang kelas,” katanya. Untuk mengantipasi kemungkinan buruk, sekolah melarang murid pulang sambil menunggu observasi dari tim medis.

Ia menyebutkan, sejumlah korban tersebut kelas V sebanyak 17 siswa, kelas III tiga siswa, kelas IV satu siswa dan kelas I satu siswa.

Sementara, Kapolres Magelang AKBP Kif Aminanto sudah meminta keterangan kepada penjual es krim Camello Nur Kholis dan penjual di kantin sekolah, Wiwin. “Keduanya sedang diperiksa di Polsek Kajoran. Kami masih menunggu hasil pemeriksaan,” katanya.

Kepala Puskesmas Kajoran, dr Doni Azahari mengimbau sekolah melarang para penjual makanan dari luar daerah untuk masuk sekolah karena kebersihan makanan tersebut tidak terjamin. “Kasus ini pertama kali es krim Camello masuk Krinjing. Kami minta warga waspada dan tidak asal membeli makanan, harus mengutamakan makanan yang sehat,” katanya.(nuh/kompas)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: