Beranda > BERANDA > Soemarmo Walikota Semarang

Soemarmo Walikota Semarang


KataBerita, Semarang – Pasangan calon walikota dan wakil walikota dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Soemarmo-Hendi berdasarkan rekapitulasi suara akhir Komisi Pemilihan Umum setempat dipastikan menang dengan mengantongi 34,28 persen suara.

Rekapitulasi suara yang berlangsung di Semarang, Jumat, pasangan Soemarmo-Hendi (nomor urut 5) mendapat 211.323 suara (34,28 persen), pasangan Mahfudz-Anis (nomor urut 1) mendapat 191.427 suara (31,05 persen).

Kemudian pasangan Bambang-Kristanto mendapat 103.482 suara (16,79 persen), pasangan Harini-Ari (nomor urut 2) mendapat 58.394 suara (9,47 persen), dan pasangan M.Farhan-Dasih (nomor urut 4) mendapat 51.854 suara (8,41 persen). Suara sah sebanyak 616.480 dan suara tidak sah 44.371.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang Hakim Junaedi mengatakan, secara keseluruhan rekapitulasi hasil penghitungan suara berlangsung lancar, meskipun hingga akhir rekapitulasi hanya diikuti tiga saksi dari pasangan calon yakni saksi dari Harini-Ari, saksi dari M.Farhan-Dasih, dan saksi Soemarmo-Hendi.

Satu saksi dari pasangan Mahfudz-Anis meninggalkan tempat tidak lama setelah acara rekapitulasi dimulai. “Tidak ada masalah soal saksi karena tidak berpengaruh terhadap hasil rekapitulasi. Penetapan calon, akan dilakukan setelah kita memberikan masa sanggah. Masa sanggah tiga hari pada hari kerja yakni Senin (26/4) hingga Rabu (28/4),” katanya.

Adanya masa sanggah tersebut, lanjut Junaedi, menjadikan hasil rekapitulasi suara Pilkada Semarang 2010 belum final karena masih menunggu kemungkinan adanya perubahan dalam masa sanggah tersebut.

Dalam kesempatan terpisah, anggota Panwaslu Kota Semarang Deni Septiviant menyatakan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan rekapitulasi suara berjalan baik. “Jika ada masalah terkait perolehan suara, maka dapat dilaporkan ke Mahkamah Konstitusi,” katanya.(nuh/kompas)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: