Beranda > BERANDA > Tabrak Motor, Kepala Bandara Curug Dicopot

Tabrak Motor, Kepala Bandara Curug Dicopot


KataBerita, Jakarta — Menteri Perhubungan akan memberi sanksi tegas bagi Kepala Bandara Budiarto Curug, Tangerang, Agus Santosa terkait kecelakaan pesawat latih yang menabrak dua pengendara motor yang sedang melintas di runway bandara tersebut. Sanksi yang diberikan adalah mencopot jabatan Kepala Bandara Budiarto Curug.

“Kalau ada kelalaian dari pihak bandara, kami akan copot kepala bandaranya,” kata Menteri Perhubungan Freddy Numberi seusai membuka seminar transportasi di Jakarta, Jumat (23/4/2010).

Menurut Menhub, kemungkinan besar ada kelalaian dari pihak pengelola bandara dalam menjaga wilayah bandara yang harusnya steril dari kegiatan selain pelatihan penerbangan Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan (STIP).

“Pagar-pagar yang membatasi bandara tersebut banyak yang berlubang, dipotong oleh masyarakat sekitar. Runway pun tak ubahnya jalan mulus bagi para pencari jalan pintas,” katanya.

Menurut dia, tidak ada alasan bagi pengelola bandara untuk tidak menjaga kesterilan bandara karena keselamatan harus diutamakan. “Jadi, kalau ada yang dilanggar, kepalanya akan dicopot,” ungkapnya.

Menurut Freddy, tindakan tegas ini tidak saja berlaku bagi pimpinan Bandara Budiarto, tetapi juga bagi pengelola bandara lainnya yang lalai.

Seperti diberitakan, dua pengendara sepeda motor, Jopi dan Azumar, tewas setelah motor yang dikendarainya ditabrak pasawat latih yang akan mendarat di runway bandara di landasan pacu yang biasa digunakan para siswa sekolah tinggi itu latihan penerbangan.

Seorang instruktur pilot, Teza Ariaputra, dan seorang taruna STPI, Sephazka Afdillah, dalam kondisi kritis. Teza akhirnya meninggal dunia, sementara Sephazka harus rela kakinya diamputasi.

Musibah itu terjadi pada Senin (19/4/2010) pukul 08.30 saat pesawat latih jenis Tobago 10 hendak mendarat di landasan bandara tersebut. Saat bersamaan, sebuah sepeda motor yang dikendarai Azumar dan Jopi melintas di sekitar landasan itu. Pesawat keluaran tahun 2003 itu menyenggol sepeda motor hingga terjatuh.(nuh/kompas)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: