Beranda > GAYA HIDUP > Awas! Nikah Siri Tanpa Ijin Istri Tua Bisa Dipenjara

Awas! Nikah Siri Tanpa Ijin Istri Tua Bisa Dipenjara


KATABERITA – Awas! menikah lagi untuk yang kedua kalinya tanpa ijin istri tua bisa dipenjara. Hal itu dialami oleh seorang karyawan Pabrik Gula Jatiroto yang harus mendekam di balik jeruji besi lantaran nekad menikah yang kedua kalinya dengan istri muda dan tanpa ijin istri tua.

Pria tersebut bernama Joko Purnomo, warga Desa Kaliboto Kidul, Kecamatan Jatiroto, Lumajang. Ia ditahan setelah Pengadilan Negeri Lumajang memutuskan melakukan penahanan pasca pelimpahan perkara dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Lumajang.

EP Kumara Lubis, Kasi Pidana Umum Kejari Lumajang, Kamis (20/05) mengatakan penahanan tersebut dilakukan dengan pertimbangan agar terdakwa kasus nikah siri ini tidak melarikan diri. “Pertimbangan ini sudah diatur dengan jelas pada Pasal 21 KUHP yang mengatur hal ini,” imbuh Kumara Lubis.

Hari ini, persidangan kasus nikah siri tersebut sebenarnya sudah memasuki agenda pembacaan tuntutan. Namun terpaksa diundur karena JPU belum siap dengan rencana tuntutan (rentut).

Jaksa Penuntut Umum Kejari Lumajang mengatakan sidang ditunda hingga pekan depan. “Kemungkinan besar tuntutan yang bakal diajukan lebih dari dua bulan penjara karena terdakwa telah menjalani masa penahanan selama dua bulan,” kata dia.

Terdakwa terancam hukuman maksimal lima tahun penjara. Dalam dakwaan jaksa penuntut umum, terdakwa dijerat Pasal 9 UU Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974 juncto Pasal 279 (1) ke-1e KUHP dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

Nikah siri itu terjadi pada Rabu 18 Oktober 2009 sekitar pukul 19.00 WIB lalu, di rumah Maryani, Perumnas Desa Jatiroto, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang. Terdakwa Joko Purnomo sebenarnya masih memiliki ikatan perkawinan yang sah dengan Ponirah, namun kemudian melakukan nikah siri dengan Maryani.(nuh/suarasurabaya)

Kategori:GAYA HIDUP
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: