Beranda > TERNYATA > Terungkap, Mbah Priok Ternyata Bukan Sosok yang Mensyiarkan Agama

Terungkap, Mbah Priok Ternyata Bukan Sosok yang Mensyiarkan Agama


KATABERITA – Mbah Priok yang selama ini disebut-sebut sebagai sosok yang mensyiarkan agama Islam di Jawa, ternyata kenyataannya tidak demikian. Mbah Priok ternyata adalah ABK (anak buah kapal) Palembang.

Hal itu dikatakan sejarawan yang banyak mengkaji sejarah Betawi, JJ Rizal. Menurutnya, cerita yang beredar di masyarakat tentang Mbah Priok semuanya fiktif. “Tidak benar jika dia adalah penyiar agama Islam di Jawa atau Betawi. Dia itu cuma ABK kapal Palembang,” ujar Rizal Kamis (20/5/2010). Dia menjelaskan, Mbah Priok atau Habib Hasan Al Haddad adalah ABK Kapal Palembang yang hendak ziarah ke makam Habib Husain Alaydrus (penyiar agama di Jakarta) di Batam, dan ke Makam Wali Songo. Rute yang ditempuh Mbah Priok adalah Palembang-Bangka Belitung-Batavia. Namun belum sampai di Batavia, Mbah Priok meninggal dunia.

“Di tengah jalan Mbah Priok meninggal di laut, dan dimakamkan pertama di Pondok Dayung,” ungkap Direktur Komunitas Bambu ini. Dari Pondok Dayung, makam Mbah Priok lalu dipindahkan ke TPU Dobo. Tahun 1997 makamnya dipindahkan ke Semper, Jakarta Utara.

“Dari saksi-saksi ketika penggusuran makam itu tahun 1997, makam Mbah Priok itu juga turut dipindahkan di Semper. Sehingga sampai sekarang, kemungkinan besar masih di Semper,” cerita sarjana Sejarah UI ini.

Menurut Rizal, makam di Koja hanya petilasan saja dan dibangun pada tahun 1999. “Ada fakta sejarah yang perlu diluruskan. Buat masyarakat kita, letak makamnya di mana, mau di TPU Semper atau di Koja, itu asal ada petilasanya saja itu orang bisa dikeramatkan. Apalagi Mbah Priok itu sejarahnya fiktif semua,” jelasnya.

Rizal juga membenarkan data PMI yang menyebutkan jika Mbah Priok meninggal tahun 1927, dan bukan 1756. Hal ini mematahkan klaim sekelompok orang yang mengaku sebagai ahli warisnya, yang saat ini menetap di Koja.

Kategori:TERNYATA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: