Beranda > KABARNYA > Ribuan Masjid di Bekasi Salah Kiblat

Ribuan Masjid di Bekasi Salah Kiblat


KATABERITA – Ribuan masjid, musholah, dan surau di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, salah arah kiblat. Pengurus Nahdatul Ulama (NU) meminta pengurus masjid membenarkan arah kiblat menghadap Ka’bah.

Data Departemen Agama Kabupaten Bekasi pada 2005 lalu, ada 1.027 masjid, 327 musholah, dan 2.559 surau/langgar. Ketua Pimpinan Cabang NU Kabupaten Bekasi Munir Abbas, mengatakan saat membangun tempat shalat itu warga hanya mengarahkan ke barat.

“Asal mengarah ke barat sehingga mayoritas arah kiblatnya serong beberapa sentimeter,” kata Munir, Jumat (28/05/2010). Menurutnya, penetapan arah kiblat itu tidak menggunakan dasar valid dengan cara menyesuaikan arah matahari ketika tepat berada di atas Ka’bah.

Pimpinan Cabang NU Kabupaten Bekasi mengeluarkan himbauan kepada seluruh pengurus masjid, musholah, dan langgar supaya menyeragamkan arah kiblat hari ini, Jumat pukul 16.17 WIB.

Menurut Munir, pada waktu itu matahari berada persis di atas ka’bah merupakan waktu yang tepat mengarah ke kiblat. “Setiap bayangan tegak lurus mengarah ke ka’bah, bayangan itu bisa menjadi patokan,” katanya.

Waktu tepat membetulkan arah kiblat itu merupakan hasil kajian Lajnah Falakiah Pengurus Besar NU yang membidangi hukum shalat. Dalam setahun, peristiwa tersebut hanya terjadi dua kali. Pada 2010 ini, terjadi pada Jumat ini, dan pada 16 Juli nanti pukul 16.26 WIB. (nuh/dpt)

Kategori:KABARNYA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: