Beranda > KRIMINAL > Cewek Jakarta Selundupkan Sabu Rp 12 M

Cewek Jakarta Selundupkan Sabu Rp 12 M


KATABERITA ā€” Petugas Bea dan Cukai Kota Dumai, Riau, Rabu (2/6/2010), berhasil menyita narkotika jenis sabu seberat 6 kilogram yang diperkirakan bernilai Rp 12 miliar.

Kepala Seksi Penindakan dan Penyelidikan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Pabean BC Dumai, Hari Prijandono, mengatakan, sabu tersebut teridentifikasi dari dua tas koper yang dibawa oleh sepasang laki-laki dan perempuan yang turun dari kapal Feri Malaysia Expres.

Kapal yang membawa dua tersangka, Editiya (23) dan Titik Ganura (21), berangkat dari Portlang, Malaysia, dengan tujuan Pelabuhan Internasional Dumai, Rabu pukul 14.45 WIB.

“Berdasarkan identitas yang tercantum dalam paspornya dengan Nomor V-105750, Editiya merupakan warga negara Indonesia dengan alamat Jakarta Pusat,” katanya.

Adapun Titik Ganura juga diketahui sebagai warga Jakarta Pusat setelah pihaknya memeriksa paspor bernomor U-410190 atas nama yang bersangkutan.

Menurut Hari, temuan 6 kg sabu tersebut berawal dari kecurigaan petugas BC terhadap kedua tersangka yang terlihat gugup saat menjalani pemeriksaan di Pelabuhan Dumai.

“Melihat gerak-gerik mencurigakan itu, petugas lantas melakukan pemeriksaan mendalam atas bawaan keduanya, yakni berupa dua tas koper,” tuturnya.

Dari pemeriksaan tersebut, kata Hari, ditemukan serbuk kristal berwarna putih yang diindikasi sebagai sabu. “Barang bukti itu ditemukan di dua tas tersebut dengan pembagian sama banyak, yakni masing-masing 3 kg,” ujar Hari.

Atas temuan itu, BC Dumai mendatangkan tim ahli yang berjumlah 10 orang untuk melakukan pemeriksaan menggunakan mesin pendeteksi khusus di tempat kejadian.

“Sementara ini, kedua tersangka sedang kami proses, kemudian akan kami limpahkan kepada kepolisian setempat,” katanya.

Kepala Kepolisian Resor Kota Dumai AKBP Hersadwi Hendarso menduga, kasus itu terkait dengan jaringan mafia internasional. “Kami akan secepatnya menyelidiki guna memburu tersangka lainnya,” kata Kapolres.(nuh/kompas)

Kategori:KRIMINAL
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: