Beranda > UMUM > Indonesia Urutan 2 Birokrasi Terburuk di Asia

Indonesia Urutan 2 Birokrasi Terburuk di Asia


KATABERITA – Citra buruk kembali diterima negara Indonesia. Negeri ini berada pada nomor urut kedua setelah India sebagai negara dengan birokrasi paling tidak efisien di Asia. Hal itu terbukti dalam sebuah survey. Prosedur untuk perizinan dan persetujuan pemerintah begitu bertele-tele dan rumit hingga menyusahkan warga negara dan menghambat investasi asing.

Menurut survey Konsultan Risiko Ekonomi dan Politik (PERC) terhadap eksekutif bisnis ekspatriat ini, ranking Indonesia disebabkan oleh kegagalan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam reformasi, yang dipengaruhi mundurnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Meski Presiden SBY mengantongi mandat dari rakyat, ia tidak mempunyai cukup kekuatan untuk mereformasi birokrasi Indonesia,” ujar Konsultan dari HongKong ini. Banyak birokrasi di beberapa negara Asia yang menjadi ‘pusaran kekuatan’, membuatnya bisa melawan kekuatan reformasi oleh politikus dan pemerintah.

Sekitar 1,373 eksekutif ekspatriat menengah dan senior berpartisipasi dalam survey yang menilai 12 negara dan teritori kritikal di Asia ini. Mereka menggunakan skala 1 hingga 10, dengan 10 menjadi nilai terburuk.

India mendapat nilai 9,41, diikuti Indonesia (8,59) dan Filipina (8,37). Sedangkan peringkat pertama untuk negara dengan birokrasi terbaik ditempati oleh Singapura (2,59) dan Hong Kong dengan nilai 3,49.(nuh/AFP)

Kategori:UMUM
  1. 4 Juni 2010 pukul 14:35

    thanks buat sharingnya

  2. 6 Oktober 2010 pukul 18:03

    thank’s sharingnya,,
    well, ni brita bkin speechless..
    sgitunyakah indonesia??

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar