Beranda > GAYA HIDUP > 500 Wanita Malaysia Kawin Lari dengan Pria Lombok

500 Wanita Malaysia Kawin Lari dengan Pria Lombok


KATABERITA – Pejabat Dinas Agama Islam Mataram menemukan adanya 500 wanita Malaysia yang kawin lari dengan lelaki Lombok yang selama ini bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) buruh perkebunan kelapa sawit di Malaysia. Mereka melarikan diri dengan pria Lombok berdasarkan cinta. Namun sayangnya, mereka akhirnya menikah dengan menggunakan penghulu tak resmi.

“Hampir semua pernikahan antara wanita Malaysia dengan lelaki Lombok menggunakan penghulu tidak resmi,” kata seorang pejabat dinas agama Islam Mataram.

Tentu saja wanita-wanita ini masuk ke Indonesia secara ilegal pula. Tak mungkin pernikahan mereka menggunakan jalur resmi. Penghulu sendiri sudah pasti akan mempertanyakan mengenai status kedua mempelai. Banyak pernikahan antara wanita Malaysia dengan lelaki Lombok tidak diperkuat dengan surat atau buku nikah resmi.

Kawin lari ini sering menjadi sorotan media di Malaysia karena wanita Malaysia lari meninggalkan orang tuanya tanpa ada kabar berita, ternyata diketahui dia telah menikah dengan TKI buruh perkebunan kelapa sawit atau karet di Malaysia.

Selain itu kebanyakan wanita yang dibawa lari juga berusia di bawah umur dan tidak memenuhi syarat pernikahan di Indonesia dan Malaysia.

Dampak dari tidak adanya surat atau buku nikah resmi, pernikahan mereka tidak bisa dilegalkan di Malaysia saat wanita itu kembali ke Malaysia dan menginginkan pernikahan mereka di Lombok disahkan di Malaysia dan suami beserta anak-anaknya bisa masuk ke Malaysia.

Kebanyakan para TKI buruh perkebunan ini terlibat cinta lokasi di perkebunan tersebut. Banyak orang tua Malaysia yang hidup dari perkebunan hanya ditemani oleh anak-anak wanita. Lelakinya banyak bekerja di kota. Dari situlah cinta mulai bersemi. Jika sudah jatuh cinta dan buruh Indonesia balik ke kampung, banyak yang ingin ikut dan menikah di Indonesia.(nuh/kampungTKI)

Kategori:GAYA HIDUP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: