Beranda > ELEKTRONIK > Awas! Hacker Temukan Cara Bobol ATM

Awas! Hacker Temukan Cara Bobol ATM


KATABERITA – Awas! kini para hacker sudah menemukan cara untuk membobol ATM dengan teknologi canggih. Masih hangat di ingatan bagaimana kejahatan dengan teknik skimming di ATM untuk mengeruk uang nasabah marak di Indonesia. Akibat kejahatan tersebut bank-bank menangguk kerugian karena harus mengganti dana pelangannya yang hilang.

Skimming mungkin kejahatan lewat ATM yang memanfaatkan kelengahan nasabah karena dilakukan dengan cara mencuri PIN kartu ATM sebagai pintu masuk transaksi. Padahal, ada teknik pembajakan ATM yang tak kalah berbahaya dengan teknik hacking menggunakan software.

Seorang hacker dari IOActive, sebuah perusahaan keamanan digital terkemuka yang bermarkas di AS dan Inggris, akan mengungkapkan dua teknik baru membajak ATM dalam konferensi Black Hat USA yang rencananya digelar di Sin City akhir Juli 2010 nanti. Ia akan mempresentasikan makalahnya “Jackpotting Automated Teller Machines”.

“Saya selalu senang melihat adegan di Terminator 2 saat John Connor berjalan menuju ATM lalu mendekatkan perangkat Atari-nya ke card reader dan mengambil lembaran uang yang keluar mesin ATM tersebut,” kata Jack di website Black Hat. “Saya kira saya bisa melakukan hal yang sama.”

Jack berjanji akan membawa dua model mesin ATM paling baru di antara jenis mesin ATM yang dipakai sejumlah bank saat ini untuk mendemonstrasikannya. Menurutnya teknik tersebut bisa mengeluarkan uang dalam jumlah besar dari ATM baik dilakukan secara langsung maupun dari jarak jauh.

Awalnya, teknik yang ditemukannya akan didemonstrasikan dalam konferensi yang sama di Las Vegas tahun lalu. Namun, rencana tersebut gagal dilakukan di menit-menit terakhir karena alasan masalah non teknis yang disebutnya di luar kendalinya saat itu.

IOActive menyatakan bahwa teknik tersebut berpotensi digunakan orang jahat untuk menguras ATM. Pihaknya juga sudah memperingatkan para produsen ATM untuk mengantisipasi kelemahan tersebut. Selain mengungkapkan teknik membajak ATM, Jack juga akan mempresentasikan cara melindungi mesin ATM dari potensi kejahatan tersebut.(nuh/kompas)

Kategori:ELEKTRONIK
  1. 30 Juni 2010 pukul 14:12

    wahhh….bahaya…

  2. 30 Juni 2010 pukul 15:47

    harus waspada

  3. randipopo
    1 Juli 2010 pukul 02:01

    Berbagi pengetahuan tentang musik….

    http://www.randipopo.wordpress.com

  4. adi
    1 Agustus 2010 pukul 14:21

    wah, black hat emank udah merajalela..
    bwt om admin, tolong bedakan antara hacker dan cracker..
    hacker ada 2, black hat ma white hat
    black hat ntu disebut cracker..
    hacker ntu membangun sementara cracker penghancur..
    cara kerja hacker ntu biasanya minta izin dlu ma yg punya sistem kalau system’a ntu mw di cek keamanan’a..
    saya punya artikel cara menanggulangi pembobolan atm di http://adi-public.co.cc/computer/6-ways-to-banish-atm-account-hacking

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: